Koneksi Modem Venus VT-18n di Ubuntu - Internet Beritaku

Minggu, 10 April 2011

Koneksi Modem Venus VT-18n di Ubuntu





Setelah Kemarin Postingan Mengenai Koneksi Modem Venus VT-12 di ubuntu Sekarang saya akan memberikan tutorial koneksi modem Venus Vt-18n.
Untuk membuat koneksi dial-up dengan modem Venus VT-18n di ubuntu ga terlalu rumit, dan mungkin tentunya caranya sama dengan modem-modem usb yang lain. Tahap awal masuk ke terminal di ubtuntu sebagai root. Setelah itu tinggal cari vendor dan product dari modem tersebut dengan mengetikkan :

lsusb

Setelah perintah tersebut diberikan, akan muncul list port usb yang terpakai maupun tidak beserta kode vendor dan product. Pada kasus ini modem dikenali di device 3 dengan

ID:0eab:511f

yang berarti kode vendor adalah 0eab dan kode productnya 511f. Setelah kode tersebut diketahui, ketikkan:

#modprobe usbserial vendor=0x0eab product=0x511f



Dengan prosedur ini modem telah resmi terdeteksi, sehingga tahap terahir untuk membuat koneksi tinggal mengatur dialup nya. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat dialup. Telah banyak tutorial di internet dengan WVDIAL, jadi kali ini Saya ingin berbagi cara membuat dialup dengan gui. Kita tinggal mengklik kanan pada network panel di ujung kanan atas (pada gambar dilingkari merah) setelah itu pilih edit connections. Pada tab Mobile Broadband pilih add. Disana kita tinggal memilih modem kita dari list, memilih negara lalu menentukan sendiri nama provider yang akan digunakan. Setelah itu akan muncul perintah number, username dan password yang diisikan sesuai provider dan paket yang anda gunakan. Pada number diisikan #777, karena nomor itu adalah standar nomor dialup untuk CDMA. Untuk beragam username dan password dari provider dapat ditanyakan kepada mbah google








Setelah pembuatan dialup selesai, tinggal bagaimana menggunakanannya. Untuk menggunakan dialup tersebut tinggal klik pada network panel lalu pilih nama dialup yang Anda buat tadi, tentunya jangan lupa aktifkan koneksi Mobile Broadband (dengan cara klik kanan pada network panel, pilih Enable Network Broadband). Selesai deh dan saatnya berseluncur dengan Ubuntu.

Sumber : http://joulecar.web.id/2010/08/modem-venus-vt-18n-di-ubuntu
Comments

1 komentar

mantaaapppppppp.............


EmoticonEmoticon