Share the ideas and innovations to a friend of the world

Smart Client

smartclient.jpg

Model Arsitektur Smart Client

Pertanyaan pertama yang muncul pada saat membaca judul pada bagian ini, mungkin seputar relasi antara pengembangan Windows Mobile dengan istilah Smart Client. Smart Client sendiri bukanlah teknologi yang hadir memfasilitasi pola kerja client, tetapi lebih berupa desain atau referensi arsitektur yang mengoptimalkan teknologi yang sudah ada demi kemudahan pengguna.


Konsep Smart Client
Secara definisi linguistik, smart client terdiri atas dua kata, yakni smart yang berarti cerdas, dan client yang dalam bahasa komputer dimaknai dengan suatu program komputer yang memiliki kemam-puan untuk memanipulasi, mengelola, menjalankan sekumpulan fungsi, dan dapat meminta sekumpulan layanan aplikasi yang di-miliki server. Smart Client mengombinasikan dua buah teknologi yang telah terlebih dahulu dikenal oleh para pengguna komputer, yakni Rich Client dan Thin Client. Rich Client adalah aplikasi standalone yang hadir semenjak dekade 90-an, sebagai contoh aplikasi ini adalah notepad. Sementara Thin client dikenal pada saat internet tengah berkembang, aplikasi Thin client pada umumnya disimpan di web server dan diakses melalui Web browser.

Baca Selengkapnya dengan mendownload ebook pada link dibawah :


downloadfile.jpg
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ebook dengan judul Smart Client. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2011/09/smart-client.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

2 komentar untuk "Smart Client"