Share the ideas and innovations to a friend of the world

Proposal Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pensiun Pegawai Negeri Sipil


BAB I
PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
            Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, dan kebutuhan informasi semakin penting dan memiliki kepentingan tertentu bagi tiap–tiap orang maupun kelompok organisasi tertentu baik itu organisasi perkantoran, perguruan tinggi, maupun perusahaan dan lembaga – lembaga pemerintah lainnya. Sebagian besar telah mengganti sistem manual (konvensional) ke sistem komputerisasi.
                 Begitupun pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kolaka khususnya pada bidang pensiunan, pengolahan data pegawai pensiun belum terkomputrisasi dalam mengerjakan hal-hal khususnya dalam pengolahan data pegawai pensiun.Sehingga dalam pengelolaan data informasi data pegawai pensiun terkesan lambat dan tidak efisien dalam pencarian data pensiun sehingga memerlukan waktu yang lama dalam pencarian data pensiun.
                        Berdasarkan penjelasan di atas maka sudah seharusnya pekerjaan-pekarjaan perkantoran yang sifat administratif reguler dilaksanakan dengan menggunakan suatu aplikasi. Misalnya pengolahan data pegawai yang menangani pensiun pegawai pada sebuah instansi. Pengolahan data seperti ini sudah seharusnya menggunakan aplikasi tertentu sehingga data–data dapat diperoleh dengan cepat dan efisien.
     Aplikasi pengolahan data dapat memudahkan penginputan data maupun dalam pencarian data. Berbeda ketika data–data trsebut dalam proses penginputanya masih bersifat manual tentu hal ini akan menyulitkan apa lagi jumlah pensiunan pegawai yang terus bertambah tiap tahunnya. Oleh karena itu, di butuhkan sebuah perangkat aplikasi yang dapat menunjang pengadministrasian data pegawai khususnya data pensiun.
     Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian mengenai pengolahan data pegawai pensiun yang sesuai untuk di terapkan pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kolaka khususnya pada bidang pensiun dengan mengedepankan sifat efisiensi dari segi waktu dan tenaga sehingga dapat mempermudah prosedur pelayanan pegawai yang hampir tiap hari membutuhkan data pensiun. Adapun judul peneliti yang di angkat yaitu “ Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pensiun Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor BKD Kabupaten. Kolaka “
1.2 Rumusan Masalah
     Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum tersedianya suatu aplikasi yang bisa digunakan oleh BKD khususnya pada bidang pensiun dalam menangani masalah pengolahan data pegawai pensiun.

1.3 Batasan Masalah
     Pada kesempatan ini penulis hanya membatasi pada Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pensiun Pegawai negeri Sipil pada Kantor BKD Kabupaten Kolaka.

1.4 Tujuan Penelitian
     Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai mekanisme dan proses pengolahan data pegawai pensiunan pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten. Kolaka  khususnya pada bidang pensiun untuk menghasilkan data yang lebih cepat, tepat, akurat dan efisien apabila di butuhkan.

1.5 Manfaat Penelitian
       Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
      1.   Manfaat bagi mahasiswa
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukkan yang positif bagi     mahasiswa untuk berpikir lebih ilmiah dalam mengambil suatu kebijakan dalam rangka upaya meningkatkan mutu pendidikan pada bidang  keilmuan khususnya informasi dan tehknologi kompuer.
      2.   Manfaat terhadap dunia akademik 
Guna membangun keilmuan akademik, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi penelitian berikutnya dan bermanfaat bagi peneliti lain yang judul penelitiannya relevan dengan penelitian  ini.
3.   Manfaat terhadap dunia praktisi
Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukkan bagi Kantor  Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten. Kolaka khususnya pada Bidang Pensiunan ataupun sebagai bahan referensi guna mengambil langkah–    langkah dalam menangani masalah – masalah yang berhubungan dengan     pengolahan data pegawai.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Proposal dengan judul Proposal Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pensiun Pegawai Negeri Sipil . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2012/08/proposal-perancangan-aplikasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

1 Komentar untuk "Proposal Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pensiun Pegawai Negeri Sipil "

  1. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    ReplyDelete