Share the ideas and innovations to a friend of the world

Prinsip Pengaksesan Alamat Situs Web



Haii sobat sobitku ... kali ini ilmu27 membahas tentang Prinsip Pengkasesan Alamat Situs Web, yang tentunya bagi yang belum tau mengenai hal ini, bagi yang sudah mengetahui tidak menjadi permasalahan jika ingin membacanya lagi...hehehehe

Kita ke inti permasalahan yahh...! tentunya sebuah komputer atau disetiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet, diberikan sebuah nomor yang unik dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. 

Bahasa Kominikasi yang dimasksud adalah Protokol, sedangkan protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP (Transmission Conttrol Protocol/Internet Protocol)
Protokol yang digunakan  diinternet ini, menyediakan penomoran yang dituliskan dalam format seperti berikut : 


A.B.C.D

Masing-masing nomor, yaitu A,B,C dan D mempunyai jangkauan nilai dari 0-225 angka ini dipisahkan dengan titik.

Angka yang mungkin diisikan adalah 0.0.0.0 sampai dengan 255.255.255.255, sehingga secara teori jumlah kombinasi angka atau jumlah IP yang tersedia adalah 255x225x225x225 =4.228.250.625  (empat milyar lebih nomor IP) bisa dibayangkan sob....

Alamat komputer yang ada di internet dikenal dengan nama IP Address (alamat IP). Satu IP hanya boleh dimiliki oleh satu komputer, sehingga nomor harus unik. Mirip dengan alamat rumah. Tentunya hanya satu nomor yang dimiliki rumah. Kalau tidak demikian pada saat Tukang POS berkunjung kerumah untuk mengantarkan sesuatu akan kebingungan jika terdapat alamat yang sama dimiliki oleh beberapa rumah, dan lokasinya berlainan...akan jadi salah alamat hehehehehe

Menghafal nomor dari sebuah komputer tentu tidak mudah sob, sehingga munculah nama domain. Nama domain seperti misalnya www.ilmu27.blogspot.com adalah cara untuk memudahkan manusia mengingat alamat sebuah komputer. Ayoo mana yang gampang untuk meningat alamat beriktu ini bagi manusia menurut anda ?


64.233.189.104  atau  www.google.com

Jawabannya pasti anda menjawab www.google.com, saya yakin tentu kita sepakat, bahwa menghafal dalam bentuk kata adalah yang lebih gampang. Sebetulnya www.google.com tersebut merupakan simbol dan sebuah deretan angka IP address yang rumit. Jadi, ketika kita mengakses sebuah address dengan menggunakan nama domain, maka komputer kita selanjutnya akan menuju sebuah komputer di internet yang bertugas menterjemahkan nomor IP tersebut , lalu dicari dimana alamat tersebut berada. Sedangkan kita sebagai manusia hanya mengetahui nama domain saja dan komputer sebenarnya melakukan pencarian dengan menggunakan nomor IP address itu. Pengalokasian IP Address ini, dikelola langsung oleh sebuah badan yang bernama Internet Network Information Center yang beralamat di http://www.internic.net/. Ini yang bertanggung  jawab dalam pengalokasian IP address ini. Penamaan ini disimpan dalam satu database, database tersebut paling tidak berisi nama domain dan IP yang ditujunya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Internet dengan judul Prinsip Pengaksesan Alamat Situs Web. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2012/10/prinsip-pengaksesan-alamat-situs-web.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

15 komentar untuk "Prinsip Pengaksesan Alamat Situs Web"

  1. Replies
    1. terima kasih banyak sob udah datang ke blog ini.... :)

      Delete
  2. biasa dpake trik gratisan nih law bahas alamat proxy, ada trik gratis baru gak sob?? wkwk

    blognya habis diedit lagi yah sob??? read morenya hilang tuh

    ReplyDelete
  3. ilmu yang sangat bermanfaat buat saya ini, ijin menyimak dan mempelajari sob

    ReplyDelete
  4. sob,,dapet award persahabatan wammy..selamat..:}

    ReplyDelete
  5. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
  6. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks yah sob dah berkunjung....... :)

      Delete
  7. balik kesini lagi lagi ternyata ada template baru nich...mantap sob

    ReplyDelete