Internet Beritaku

Rabu, 28 November 2012

Ini Dia...!!! Sebab Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Sebagian

Dukung blog ini dengan dengan cara subscribe, like dan share channel youtube kami, atau ikuti channel youtube kami untuk mendapatkan video-video pembelajaran atau Tips dan Trik Komputer yang bermanfaat. Untuk melihatnya kunjungi
LINK INI



Salam buat semua bagi sahabat ilmu27.blogspot.com, baru kali mau posting lagi hehehe...sekian lama tidak posting artikel. Judul diatas diambil dari pengalaman saya tentang tombol keyboard tidak berfungsi sebagian. Awalnya keyboard baik-baik saja , karena merasa keyboard masih baru...hehehe baru beli gitu...selang waktu 1,2,3,4,5 dan 6 hari tombol mulai kehabisan nafas...berangkat dari situ berpikir beli baru lagi...tapi putus asa sebab baru 6 hari keyboar rusak. hufssssssss..salah tingkah

Keeseokan harinya berpikir lagi untuk menperbaiki keyboard yang rusak itu...akhirnya ane mengambil obeng untuk membongkar keyboard yang rusak tadi...akhirnya sampai juga pemikiran itu....disana ditemukan banyak kegiatan binatang- binatang yang menganggu keyboard tersebut :
1. Mengigit karet tombol keyboard
2. Bertelur dibawah pelapis karet keyboard
3. Membuat rumah untuk telur yang siap untuk menetas.

Binatang tersebut adalah semut.....


Semut ini datang seperti kelaparan masuk ke dalam keyboard melalui lubang hufsssssssss...!!! akhirnya ane membersihkan telur-telur semut itu dari karet dan pelapis tombol keyboard itu. Langkah pertama :
  1. Cari keyboard yang sudah rusak yang masih lengkap dengan karetnya (untuk menggantikan karet yang digigit oleh semut tadi).
  2. Ganti karetnya, hanya pada karet yang rusak saja.
  3. Tutup kembali penutup luar keyboard hingga rapat semua.
  4. Pastikan tidak ada yang lupa dipasang sebelum testing.
Akhirnya setelah membongkar keyboard yang rusak tadi, hasilnya sempurna tidak jadi dehhh...beli keyboard yang baru...

Bagi yang punya pengalaman mengenai artikel ini....boleh ditambahkan pada kolom komentar dibawah....

Rabu, 07 November 2012

Video Sandhy Sondoro -Festival di Lativia 2009

Sapa yang tidak kenal dengan Penyanyi yang satu ini namanya Sandhy Sandoro yang sudah dikenal dimanca negara , suara yang dimiliki keren sob... bisa lihat videonya saat festival di Lativia dengan menyanyikan lagu When A Man Loves A Woman (durasi video 4:20 menit)


Sumber ch yt (sonymusicidads)

Sandhy Sondoro adalah berkebangsaan Indonesia yang berkarir di luar negeri dan dikenal disana, tapi sekarang sudah berada di Indonesia karena cinta dengan Indonesia......  semoga sukses selalu Sandy Sondoro...

Video Bayi Tertawa Lucu

Hai sob...baru saatnya lagi ilmu27 mengahadap ke blog ini, karna kesibukan tiada hentinya....heheheh. Sesuai dengan judul artikel diatas yaitu Video Bayi Ketawa.. kemarin lagi santai dirumah tetangga ketemu dengan bayi lucu ... tidak ada kerjaan sambil me-record kejadian itu ... durasi videonya sangat pendek hanya 29 detik....


Salam sukses selalu buat pengunjung setia ilmu27.blogspot.com...........

Jumat, 05 Oktober 2012

Prinsip Pengaksesan Alamat Situs Web



Haii sobat sobitku ... kali ini ilmu27 membahas tentang Prinsip Pengkasesan Alamat Situs Web, yang tentunya bagi yang belum tau mengenai hal ini, bagi yang sudah mengetahui tidak menjadi permasalahan jika ingin membacanya lagi...hehehehe

Kita ke inti permasalahan yahh...! tentunya sebuah komputer atau disetiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet, diberikan sebuah nomor yang unik dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. 

Bahasa Kominikasi yang dimasksud adalah Protokol, sedangkan protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP (Transmission Conttrol Protocol/Internet Protocol)
Protokol yang digunakan  diinternet ini, menyediakan penomoran yang dituliskan dalam format seperti berikut : 


A.B.C.D

Masing-masing nomor, yaitu A,B,C dan D mempunyai jangkauan nilai dari 0-225 angka ini dipisahkan dengan titik.

Angka yang mungkin diisikan adalah 0.0.0.0 sampai dengan 255.255.255.255, sehingga secara teori jumlah kombinasi angka atau jumlah IP yang tersedia adalah 255x225x225x225 =4.228.250.625  (empat milyar lebih nomor IP) bisa dibayangkan sob....

Alamat komputer yang ada di internet dikenal dengan nama IP Address (alamat IP). Satu IP hanya boleh dimiliki oleh satu komputer, sehingga nomor harus unik. Mirip dengan alamat rumah. Tentunya hanya satu nomor yang dimiliki rumah. Kalau tidak demikian pada saat Tukang POS berkunjung kerumah untuk mengantarkan sesuatu akan kebingungan jika terdapat alamat yang sama dimiliki oleh beberapa rumah, dan lokasinya berlainan...akan jadi salah alamat hehehehehe

Menghafal nomor dari sebuah komputer tentu tidak mudah sob, sehingga munculah nama domain. Nama domain seperti misalnya www.ilmu27.blogspot.com adalah cara untuk memudahkan manusia mengingat alamat sebuah komputer. Ayoo mana yang gampang untuk meningat alamat beriktu ini bagi manusia menurut anda ?


64.233.189.104  atau  www.google.com

Jawabannya pasti anda menjawab www.google.com, saya yakin tentu kita sepakat, bahwa menghafal dalam bentuk kata adalah yang lebih gampang. Sebetulnya www.google.com tersebut merupakan simbol dan sebuah deretan angka IP address yang rumit. Jadi, ketika kita mengakses sebuah address dengan menggunakan nama domain, maka komputer kita selanjutnya akan menuju sebuah komputer di internet yang bertugas menterjemahkan nomor IP tersebut , lalu dicari dimana alamat tersebut berada. Sedangkan kita sebagai manusia hanya mengetahui nama domain saja dan komputer sebenarnya melakukan pencarian dengan menggunakan nomor IP address itu. Pengalokasian IP Address ini, dikelola langsung oleh sebuah badan yang bernama Internet Network Information Center yang beralamat di http://www.internic.net/. Ini yang bertanggung  jawab dalam pengalokasian IP address ini. Penamaan ini disimpan dalam satu database, database tersebut paling tidak berisi nama domain dan IP yang ditujunya.

Selasa, 02 Oktober 2012

Penggunaan Sourtcut Pada Adobe Photoshop

 
Selama mata masih bisa melihat harta benda, hati tak akan bisa melawan keinginan itu untuk dijadikan kesempurnaan hidup. Ilmu27.blogspot.com :

Hai...sobat kali ini membahas tentang sourtcut yang terdapat pada Adobe Photoshop, gunanya adalah agar memudahkan pengguna untuk melakukan pengubahan agar tidak lagi menggunakan Mouse dalam memilih tool-tool yang ada pada Adobe Photoshop itu sendiri.....

Berikut ini adalah Shortcut untuk beberapa operasi pada Adobe Photoshop. Penggunaan Shortcut dapat mempercepat pengerjaan desain anda. Silahkan untuk mencoba jangan lupa yah supaya lebih baik sourtcut ini dihafal........

Shortcut Photoshop

  • Canvas baru = ctrl + N
  • Membuka gambar = ctrl + O 
  • Menutup aplikasi = ctrl + W 
  • Undo = ctrl + Z
  • Undo lebih dari sekali = ctrl + alt + Z 
  • Redo = shift + ctrl + Z 
  • Resize or Transform = ctrl + T 
  • Membatalkan perintah = esc
  • Deselect = ctrl + D 
  • Inverse = shift + ctrl + I 
  • Photoshop help = F1 
  • Memunculkan penggaris / Rulers = ctrl + R
  • Memperbesar tampilan / Zoom in = ctrl + [+] 
  • Memperkecil tampilan / Zoom out = ctrl + [-]
  • Menampilkan agar seukuran dengan layar / Fit to screen = ctrl + 0 
  • Cetak / Print = ctrl + P
Tambahan sedikit mengenai format file yang ada pada Adobe Photoshop : 

JPEG
(*.JPG , *.JPEG , *.JPE)
Merupakan format gambar standart dengan ukuran file yang lebih kecil dari Bitmap (*.bmp)
BMP
(*.BMP , *.RLE , *.DIB)
Merupakan file gambar dengan resolusi lebih jernih namun dengan ukuran jauh lebih besar dari JPEG dan sudah mendukung 32 bits colours
GIF
(*.gif)
Merupakan file gambar untuk desain animasi maupun gambar bergerak dan hanya memiliki kemampuan warna 256 colours
 
Semoga bisa bermanfaat kepada sobat-sobatku..................

Kunjungi juga channel video youtube saya : KLIK DISINI
atau Klik tombol Subscribe dibawah.
I.A.H Channel on Youtube
I.A.H Channel
Subscribe

Minggu, 30 September 2012

Etika Penggunaan Internet


1.0 PENGENALAN
Perkembangan teknologi maklumat dan komunikasi (ICT) telah membolehkan maklumatdihantar dan diterima dengan pantas. Kemudahan ini telah membawa kepada peningkatan penggunaan internet dan mel elektronik atau e-mel dalam sektor awam. Hakikat ini turutdipengaruhi oleh bilangan pengguna dan kepentingan maklumat yang kian meningkat darisemasa ke semasa.Komunikasi secara elektronik juga dilihat sebagai salah satu saluran penting dalammembantu mewujudkan perkongsian maklumat. Tambahan pula, kaedah inimembolehkan proses penghantaran dan penerimaan sesuatu maklumat dilaksanakandengan lebih cepat dan mudah. Bagaimanapun, pengurusan internet dan e-mel yang tidakterkawal boleh menjejaskan keselamatan maklumat. Justeru, perlindungan keselamatanyang bijaksana perlu diwujud dan disesuaikan bagi menjamin kesahihan, keutuhan dankebolehsediaan maklumat yang berterusan.

2.0 TUJUAN
Tujuan utama garis panduan ini ialah untuk menerangkan tatacara penggunaan internet dan e-mel, meningkatkan tahap keselamatan sistem komunikasi dokumen rasmi Kerajaan dan mengurangkan risiko gangguan operasi internet dan e-mel.

3.0 TATACARA PENGGUNAAN INTERNET
3.1          Teknologi internet telah memudahkan perhubungan antara pengguna dan menyediakan akses kepada banyak maklumat dalam pelbagai bentuk format dengan menyediakan sumber pembelajaran, rekreasi, penyelidikan, analisis, rujukan dan bahan-bahan lain yang berfaedah. Perkhidmatan Awam dalam usahanya menuju ke arah pemodenan tadbiran telah melihat internet sebagai satu platformuntuk penambahbaikan perkhidmatan yang disediakan. Dalam konteks ini, kakitangan Jabatan Pendaftaran Negara (JPN) perlu menggunakan kemudahan internet dengan cara yang bertanggungjawab dan konsisten.
3.2          Internet adalah infrastruktur saluran global dan merupakan punca maklumat yang tidak terkawal. Dengan sebab itu, ketepatan maklumat internet tidak boleh ditentukan. Justeru, kakitangan JPN perlu memainkan peranan dan bertindak secara bijak menilai kesahihan, ketepatan dan kesesuaian sesuatu maklumat yang diperolehi Jabatan Pendaftaran Negara Malaysia agar kerja yang dilaksanakan tidak menyimpang dari tujuan sebenar jabatan.
3.3          Penggunaan internet dengan cara yang tidak bertanggungjawab adalah dianggap sebagai pelanggaran tatacara yang boleh mengancam keselamatan, keutuhan dan kerahsiaan maklumat, melemahkan sistem ICT dan pengurusan rekod elektronik, mengganggu sistem rangkaian ICT dan merosakkan imej Perkhidmatan Awam. Oleh yang demikian, bagi menjamin kemudahan internet digunakan dengan selamat, adalah wajar JPN menentukan latihan yang bersesuaian, penggunaan teknologi yang kukuh dan dasar yang menyeluruh agar pelanggaran seumpamanya tidak berlaku.
3.4          Berikut adalah tatacara yang mesti diikuti dalam menggunakan internet.
·         Hak Akses Pengguna
o   Hak akses hendaklah dilihat sebagai satu kemudahan yang disediakan oleh JPN untuk membantu melicinkan pentadbiran atau memperbaiki perkhidmatan yang disediakan. Pengguna harus mengambil maklum bahawa semua aset ICT di bawah kawalannya (termasuk maklumat) adalah hak milik Kerajaan.
·         Privasi Pengguna
o   Setiap pengguna hendaklah menghormati privasi pengguna lain dengan tidak menimbulkan sebarang gangguan seperti mencapai fail, memecah kata laluan, memasuki sistem komputer dan mengubah komponen perisian tanpa kebenaran.
·         Mengenal pasti Identiti Pengguna
o   Setiap pengguna perlu mengenal pasti dan mengesahkan identiti pengguna yang berkomunikasi dengannya sebelum meneruskan komunikasi dan transaksi maklumat melalui Internet. Ini bertujuan untuk melindungi maklumat Kerajaan daripada sebarang bentuk penyalahgunaan.
·         Memilih Laman
o   Laman yang dilayari hendaklah hanya yang berkaitan dengan bidang kerja dan terhad untuk tujuan yang dibenarkan sahaja.
·         Pengesahan Maklumat
o   Bahan yang diperolehi dari internet perlulah ditentukan ketepatan dan kesahihannya. Sebagai amalan baik, rujukan sumber internet hendaklah juga dinyatakan.
·         Muat Naik Bahan (Upload)
o   Bahan rasmi yang hendak dimuat naik ke internet hendaklah disemak dan mendapat pengesahan daripada Ketua Jabatan sebelum dimuat naik.
·         Muat Turun Bahan (Download)
o   Tindakan memuat turun hanya dibenarkan ke atas bahan yang sah seperti perisian yang berdaftar dan di bawah hak cipta terpelihara. Sebarang bahan yang dimuat turun dari internet hendaklah digunakan untuk tujuan yang dibenarkan oleh jabatan sahaja.
·         Perbincangan Awam
o   Hanya kakitangan JPN yang mendapat kebenaran sahaja boleh melibatkan diri dan menggunakan kemudahan ini. Kandungan perbincangan awam seperti newsgroup dan bulletin board mestilah mendapat pengesahan daripada Ketua Jabatan. Perlu diingat bahawa setiap maklumat yang dikongsimelambangkan imej Jabatan. Dengan sebab itu, setiap pengguna mestilah bertindak dengan bijaksana, jelas dan berupaya mengekalkan konsistensi dan keutuhan maklumat berkenaan.

Sumber

Makalah Etika Profesi Bidang Komputer


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan zaman yang diiringi kemajuan teknologi, mendorong kita untuk senatiasa berupaya meningkatkan kemampuan dalam hal penguasaan teknologi informasi. Dalam hal ini kita juga harus memperhatikan kode etik dalam IT. Kode etik Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional. Ketaatan tenaga profesional terhadap kode etik merupakan ketaatan naluriah yang telah bersatu dengan pikiran, jiwa dan perilaku tenaga profesional. Jadi ketaatan itu terbentuk dari masing-masing orang bukan karena paksaan. Adapun salah satu profesi TI yang akan dibahas adalah “Teknisi Komputer”. Teknisi Komputer dibagi menjadi beberapa bagian-bagian sebagai berikut :
  1. Practical CTS Teknisi Komputer yang dapat menangani dan merawat komputer beserta perangkat pendukung utama.
  2. Junior Technical Support, Teknisi Komputer yang dapat menangani dan merawat komputer beserta perangkat pendukung utama.
  3. Technical Support, Staf pendukung teknis komputer yang dapat mengoperasikan PC stand alone, instalasi OS, instalasi dan konfigurasi jaringan, instalasi modem dan setting konfigurasi komunikasi wireless, instalasi software anti virus, restore dan backup system,penanganan awal atas masalah PC.
  4. Senior Technical Support, Staf pendukung senior teknis computer yang dapat mengoperasikan PC stand alone, instalasi OS, instalasi dan konfigursi jaringan, instalasi modem dan setting konfigurasi. komunikasi wireless, instalasi software anti virus, restore dan back up system, penanganan awal atas masalah PC, memperbaiki system jaringan, menggunakan remote access, upgrade dan migrasi OS.
Dengan demikian tenaga profesional merasa bila dia melanggar kode etiknya sendiri maka profesinya akan rusak dan yang rugi adalah dia sendiri. Kode etik bukan merupakan kode yang kaku karena akibat perkembangan zaman maka kode etik mungkin menjadi usang atau sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berangkat dari latar belakang yang sebelumnya telah di bahas, maka rumusan masalah pada makalah ini ialah, Apakah yang dimaksud dengan etika profesi dan seperti apakah kode etik profesi seorang Technical  Engineer.
1.3 TUJUAN
Tujuan dari makalah ini adalah :
Menagacu pada rumusan masalah diatas maka yang menjadi tujuan pada makalah ini ialah ingin mengetahui Apakah yang dimaksud dengan etika profesi dan seperti apakah kode etik profesi seorang Technical  Engineer.

 BAB II
 PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN KODE ETIK
Sebelum kita masuk pada Kode Etik Seorang Technical  Engineer alangkah baiknya kita mengetahui apa itu kode etik. Kode etik yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja. Lalu apa saja tujuan dari pembuatan kode etik itu sendiri. Kode etik sendiri memiliki tujuan yang akan membantu para Technical Engineer dalam bekerja. Berikut adalah tujuan dari Kode Etik:
  1. Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.
  2. Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
  3. Untuk meningkatkan mutu profesi.
  4. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.
  5. Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
  6. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
  7. Menentukan baku standarnya sendiri.
2.2 FUNGSI KODE ETIK
Kode etik profesi itu merupakan sarana  untuk membantu para pelaksana sebagai seseorang yang professional supaya tidak dapat merusak etika profesi. Ada tiga hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi:
1)      Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan. Maksudnya bahwa dengan kode etik profesi, pelaksana profesi mampu mengetahui suatu hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
2)      Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Maksudnya bahwa etika profesi dapat memberikan suatu pengetahuan kepada masyarakat agar juga dapat memahami arti pentingnya suatu profesi, sehingga memungkinkan pengontrolan terhadap para pelaksana di lapangan kerja (kalangan sosial).
3)      Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak di luar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Arti tersebut dapat dijelaskan bahwa para pelaksana profesi pada suatu instansi atau perusahaan yang lain tidak boleh mencampuri pelaksanaan profesi di lain instansi atau perusahaan.
Dalam lingkup TI, kode etik profesinya memuat kajian ilmiah mengenai prinsip atau norma-norma dalam kaitan dengan hubungan antara professional atau developer TI dengan klien, antara para professional sendiri, antara organisasi profesi serta organisasi profesi dengan pemerintah. Salah satu bentuk hubungan seorang profesional dengan klien (pengguna jasa) misalnya pembuatan sebuah program aplikasi.
Seorang profesional tidak dapat membuat program semaunya, ada beberapa hal yang harus ia perhatikan seperti untuk apa program tersebut nantinya digunakan oleh kliennya atau user, ia dapat menjamin keamanan (security) sistem kerja program  aplikasi tersebut dari pihak-pihak yang dapat mengacaukan sistem kerjanya (misalnya: hacker, cracker, dll). Kode etik profesi Informatikawan merupakan bagian dari etika profesi.
Jika para profesional TI melanggar kode etik, mereka dikenakan sanksi moral, sanksisosial, dijauhi, di-banned dari pekerjaannya, bahkan mungkin dicopot dari jabatannya.
2.3 KODE ETIK SEORANG TEKNISI KOMPUTER
Berikut merupakan Kode Etik seorang Technical Engineer dari IEEE:
Kami, anggota IEEE, dalam pengenalan akan pentingnya teknologi kami dalam mempengaruhi kualitas kehidupan di seluruh dunia dan dalam penerimaan kewajiban kami pada profesi kami, anggota-anggotanya dan masyarakat yang kami layani, dengan ini kami menyatakan diri terikat pada perilaku etis dan profesional tertinggi dan setuju:
  1. Menerima tanggung jawab dalam pengambilan keputusan engineering yang taat asas pada keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan publik, dan segera menyatakan secara terbuka fatktor-faktor yang dapat membahayakan publik atau lingkungan.
  2. Menghindari konflik interes nyata atau yang terperkirakan sedapat mungkin, dan membukakannya pada para pihak yang terpengaruh ketika muncul.
  3. Akan jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan menurut data yang tersedia.
  4. Menolak sogokan dalam segala bentuknya.
  5. Mengembangkan pemahaman teknologi, aplikasi yang sesuai, dan kemungkinan konsekuensinya.
  6. Menjaga dan mengembangkan kompetensi teknis dan mengambil tugas teknologi yang lain hanya bila memiliki kualifikasi melalui pelatihan atau pengalaman, atau setelah menyatakan secara terbuka keterbatasan relevansi kami
  7. Mencari, menerima, dan menawarkan kritik perkerjaan teknis, mengakui dan memperbaiki kesalahan, dan menghargai selayaknya kontribusi orang lain
  8. Memperlakukan dengan adil semua orang tanpa bergantung pada faktor-faktor seperti ras, agama, jenis kelamin, keterbatasan fisik, umur dan asal kebangsaan
  9. Berupaya menghindari kecelakaan pada orang lain, milik, reputasi, atau pekerjaan dengan tindakan salah atau maksud jahat
  10. Membatu rekan sejawat dan rekan sekerja dalam pengembangan profesi mereka dan mendukung mereka dalam mengikuti kode etik ini
2.4. KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG TEKNISI KOMPUTER
Untuk menjadi seorang teknisi komputer, ada beberapa dasar yang harus anda miliki. Berikut penjelasannya:
  • Harus mengetahui dan menguasai berbagai macam dan tipe perangkat komputer yang ada didalamnya.
  • Harus mengetahui berbagai permasalahan kerusakan pada komputer (troubleshooting) dan menaganinya.
  • Mempunyai kemampuan umtuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman sebgai panduan saat melakukan troubleshooting.
  • Memiliki kemampuan yang cukup dalam berbahasa inggris agar lebih mudah mempelajari manual perangkat hardware maupun software Komputer.
  • Memiliki kemampuan untuk menghubungkan perangkat keras
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan instalasi Microsoft Windows
  • Memiliki kemampun untuk melakukan instalasi Linux
  • Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer,telnet, ftp, IRC; Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server.
2.5 SIKAP YANG HARUS DIMILIKI SEORANG TEKNISI KOMPUTER
Selain harus menguasai berbagai macam teknik troubleshooting dan penanganannya,seorang teknisi komputer juga harus mempunyai sikap yang baik sebgai seorang teknisi:
  • Belajar dari Pengalaman dan Pelatihan. Anda harus selalu mengupdate pengetahuan dalam berbagai permasalahan dan penanganan berdasarkan pengalaman yang pernah anda temui karena teknologi tidak pernah berhenti dan terus berkembang.
  • Meningkatkan Kemampuan, Yakni kemampuan dalam menggunakan pengetahuan pada situasi hal baru.
  • Disiplin. Segala sesuatu yang dikerjakan oleh seorang teknisi komputer harus tertata dengan baik, menghormati semua customer, dan yang paling penting adalah meyakinkan persepsi customer terhadap masalah sebenarnya.
  • Kemampuan Berkomunikasi. Hal ini juga sangat perlu pada saat anda mengidentifikasi masalah yang ada berdasarkan informasi dari Customer.
  • Mempunyai Kemampuan Berfikir Logis dan Kreatif. Hal ini penting agar dapat memberikan penjelasan yang baik dan benar kepada customer sehingga mudah dipahami.
  • Sikap Rendah Hati. Hal ini penting karena sebagai teknisi komputer anda adalah pelayan bagi Customer.
  • Cara Kerja yang Terperinci, yaitu dengan memperhatikan dan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer sehingga pada saat anda melakukan troubleshooting, anda mengikuti prosedur dengan benar dan mendapatkan hasil yang cepat dengan analisis yang tepat.
  • Komitmen dalam Menyelasaikan Masalah. Ini merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya sebagai seorang teknisi komputer.
  • Dapat Menentukan Prioritas. Anda juga harus dapat mennetukan prioritas pekerjaan yang harus segera anda tangani.
  • Berbagai Pengetahuan dengan Anggota tim (jika anda bekerja dalam tim) dan dengan customer.
  • Minat akan Teknologi, selalu mengupdate pengetahuan mengenai komputer.
2.6 CONTOH KASUS
Sebut saja si A, adalah seorang teknisi computer yang biasa menerima permintaan perbaikan atas beberapa kerusakan computer. Suatu ketika, si A memiliki langganan Mr. X yang biasa minta bantuannya bila ada pemasalahan dengan komputernya. Mr X menunjukkan salah satu laptopnya yang rusak karena tidak bisa 'booting'. setelahj di check oleh si A, dia menyampaikan ke Mr. X, bahwa hard disk laptopnya rusak, dan harus segera di ganti. Tahu kondisinya seperti tersebut, kemudian Mr. X meyakinkan utk menanyakan ke A apakah data yang ada di komputernya masih bisa diselamatkan bila dilakukan penggantian.
 Dengan sangat yakin, si A menjawab, bahwa data masih bisa diselamatkan, dengan cara memindahkan data yg ada ke harddisk pengganti. dan Di jamin semua data tidak akan hilang.
Mr X sangat senang mendengar jawaban tsb. sehingga Mr. X menyetujui untuk mengganti hardisk yang rusak tersebut.
singkat cerita, Si A berhasil melakukan perbaikan dengan menggati hardisk yg rusak, kemudian menyelamatkan dan memindahkan data dari hardisk yang rusak ke hardisk yang baru.
setelah selesai, Si A memberikan semua hasilnya ke Mr.X, dan Mr. X mengecek semua data yg ada. 100% semua data terselamatkan.Si A mendapat imbalan atas jasa yg dilakukannya, kemudian si A juga mengembalikan Hardisk yg rusak ke Mr.X. Dalam cerita tsb diatas. secara umum, tidak ada permasalahan.
Namun permasalahan kemudian muncul, ketika Mr.Z, datang dengan tuduhan pelanggaran UU ITE 2008, yang di tuduhkan ke "A", karena telah melakukan pemindahan data tanpa hak ..... dan seterusnya (seperti bunyi salah satu pasal dalam UU ITE).
Si A sangat kaget dengan tuduhan tersebut,.. dengan wajah bingung dan lunglai dia terbengong dan tidak mengerti apa yang terjadi. Kemudian Mr.Y, menjelaskan Bahwa, laptop yg dibawa oleh Mr.X yg diperbaiki dan diganti hardisknya, yg datanya dipindahkan. beberapa datanya adalah milik Mr.Z.
Dan karena, A melakukan pemindahan data tanpa hak (seperti yg ada di UU ITE), maka Mr. Z melaporkannya dan menuduhnya telah melanggar UU ITE tersebut. Apa yang terjadi, Si A tidak bisa berbuat apa2, seorang teknisi dengan gaji pas pasan dan dengan penghasilan minim tersangkut dengan UU ITE.
            Dari kasus di atas dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang teknisi computer harus berhati-hati dalam menjalankan pekerjaannya. Karena sesuatu yang kecil, yakni tidak sengaja memindahkan file yang tidak seharusnya di pindahkan , bisa menjadi masalah yang besar dan berhubungan dengan hukum karena melanggar UU ITE.



BAB III
 PENUTUP

1.1              KESIMPILAN

1.      Kode etik yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.
2.      Dari contoh kasus sebelumnya dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang teknisi computer harus berhati-hati dalam menjalankan pekerjaannya. Ia harus memiliki softskill dan hardskill dalam standarisasi profesinya. Karena sesuatu yang kecil, yakni tidak sengaja memindahkan file yang tidak seharusnya di pindahkan , bisa menjadi masalah yang besar dan berhubungan dengan hukum karena melanggar UU ITE.

1.2              SARAN

1.      Seorang teknisi computer harus berhati-hati dalam menjalankan pekerjaannya. Ia harus memiliki softskill dan hardskill dalam standarisasi profesinya. Karena sesuatu yang kecil, yakni tidak sengaja memindahkan file yang tidak seharusnya di pindahkan , bisa menjadi masalah yang besar dan berhubungan dengan hukum karena melanggar UU ITE.
Dan menjelaskan bahwa etika profesi sebagai seorang teknisi computer harus diperhatikan.



 DAFTAR PUSTAKA