Share the ideas and innovations to a friend of the world

Komponen E-Commerce

1.Electronic_Cash

E-Cash yaitu Electronic Cash, sering juga disebut dengan Digital Cash, Digital Money. E-Cash mempunyai makna bahwa seseorang dapat membeli barang atau jasa dengan cara mengirimkan nomor dari satu computer ke computer lain . Nomor tersebut diisukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang yang sebenarnya yang mempunyai nilai tukar yang bersifat anonymous (tanpa nama) dan dapat dipakai seperti uang cash biasa.
Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di PC Webopaedia dengan alamat http://www.sandybay.com/pc-web/digital_cash.htm. digital money adalah terminologi global untuk berbagai e-cash dan mekanisme pembayaran elektronik di Internet, seperti http://www.yahoo.com/Business_and_Economy/Companies/financial_Services/
Transaction_Clearing/Digital_Money/ mencatat paling tidak ada 21 perusahaan yang memberikan jasa digital money di Internet.

2.Electronik­_Checks
E-Checks yaitu Electronic Checks. E-Checks mempunyai makna customer akan membayar kepada penjual dengan check elektronik yang dikirimkan secara elektronis dengan e-mail. Check berisi pesan yang memuat semua informasi yang diperoleh dari check yang sebenarnya tetapi bisa ditanda tangani secara digital atau surat kuasa. Tanda tangan elektronis tersebut ditulis dalam bentuk sandi dengan cara mengenkripsi melalui kunci rahasia customer. Kemudian penjual mengesahkan dengan kunci private. Pesan yang dihasilkan akan disandikan dengan kunci rahasia pihak bank hingga disediakan kunci pembayarannya.

3.Electronik_Wallet
E-Wallet yaitu Electronic Wallet. Pembayaran dilakukan dengan menyimpan nomor kartu kredit anda ke hardisk dalam kondisi terenkripsi dengan aman. Pembelian dilakukan pada situs web yang mendukung e-wallet tersebut. Pada saat tombol “pay” ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan e-wallet.
Pola pembayaran seperti Cybercash Internet Wallet http://www.cybercash.com/. Akan menyimpan nomor kartu kredit Anda di harddisk Anda dalam kondisi terenkripsi yang aman. Anda akan dapat melakukan pembelian pada situs Web yang mendukung pembayaran dalam bentuk dompet elektronik (electronic wallet) tersebut.

4.Merchant_Account
Merchant account merupakan hubungan relasi antara seorang bisnis dengan bank, yang memiliki syarat dan peraturan yang ketat berkenaan dengan pengeluaran merchant accountnya. Jika status merchant account sudah diperoleh selanjutnya, merchant akan menyewa atau membeli software yang dipergunakan untuk proses transaksi. Dalam kasus yang sama tergantung dari bank dan juga tipe bisnis yang akan dioperasikan maka seorang merchant perlu juga membeli atau menyewa hardware yang disebut terminal pengolahan (processing terminal).

5.Phonecash
Phonecash mempunyai makna customer membeli item secara online dengan mengizinkan nilai pembelian ditransfer dari account mereka ke account orang lain dalam sebuah internet banking system. Jenis transaksi ini kini masih dalam pengembangan. Menurut rencana phonecash akan mengijinkan customer yang lebih suka tidak menggunakan credit card untuk membeli item secara online dengan mengijinkan nilai pembelian ditransfer dari account mereka ke account orang lain dalam sebuah Internet Banking system.

6. Telephone Billing System
Transaksi dagang yang dilakukan melalui telepon memungkinkan customer untuk membeli barang atau layanan dan jumlah pembayarannya disertakan ke rekening telepon.

7.Commerce Service Providers
Commerce Service Providers Atau Penyedia Layanan commerce adalah situs bisnis atau web yang menyedikana solusi E-Commerce. Biasanya perusahaan tersebut menyediakan beberapa fasilitas pendukung lainnya, mulai dari konsultan E-Commerce, desain halaman web, sampai pada detail program yang akan dipasang oleh pelanggan. Namun demikian juga tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan hanya ingin menyewa ruang E-commerce saja.

8.Electronic Commerce
Dikenal dengan istilah Ecom or Emmerce or EC. Pertukaran informasi bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronoc bulletin boards, dan mesin faksimili dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet Shopping, stok online dan surat obligasi, download dan penjualan “barang dagangan lunak” (software, dokumen, grafik, musik dan lainnya) dan transaksi Business to Business atau yang sering disingkat B2B.

9.Extranet
Extranet adalah kelanjutan dari intranet perusahaan yang mengkaitkan jaringan internal satu perusahaan dengan jaringan internal supplier maupun pelanggan mereka. Dengan cara itu sangat mungkin untuk mengembangkan aplikasi E-Commerce yang memungkinkan penyambungan semua aspek bisnis, dari proses pemesanan hingga pembayaran.

10.Disintermediation
Merupakan proses untuk memotong jalur perantara. Kira-kira pada saat perusahaan yang berbasiskan web melalui kanal retail tradisional dan menjual secara langsung ke pelanggan/pembeli, maka perantara tradisional seperti toko dan jasa mail order akan kehilangan pekerjaan.

11.Hard Good vs Soft Good
Hard Good adalah item-item yang eksis dalam dunia nyata, yang bertentangan dengan Soft Good, yang eksis secara virtual atau elektronikal. Misalnya, seorang Internet Merchant menjual sebuah buku yang akan dikirimkan ke customer dalam versi cetakan adalah menjual hard good. Jika seorang merchant menawarkan sebuah buku untuk di download dalam format elektronis, ia menjual soft good.

12..High Risk Processor
Merupakan lembaga keuangan atau perusahaan yang mengeluarkan nomor rekening status merchant ke kategori bisnis beresiko tinggi (high risk business). Mereka menutupi risiko yang terjadi dengan memberi harga yang lebih tinggi atas biaya transaksi dan tarif yang lebih tinggi daripada dikerjakan oleh bank tradisional.

13.Immerce
Merupakan istilah baru yang digunakan dalam dunia perdagangan dimana transaksi secara total dilakukan dengan Internet.

14. Micropayment
Disebut juga Microtransaction merupakan transaksi dalam jumlah kecil, misalnya untuk mengakses grafik, game maupun informasi.

15.Microtransaction
Merupakan transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus rupiah hingga puluhan ribu rupiah, misalnya untuk mengambil/mengakses grafik, game maupun informasi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori E-Commerce dengan judul Komponen E-Commerce. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2011/02/komponen-e-commerce.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

2 komentar untuk "Komponen E-Commerce"

  1. Samsung has unveiled its new handset, the Galaxy S3 in Europe ahead of other markets.
    This phone feels just as solid in hand as any other phone you will hold this year.
    Then it was dragged by a string and the results are there in front of you.


    Feel free to surf to my page ... samsung s4

    ReplyDelete