Share the ideas and innovations to a friend of the world

Mengenal Blog

blogilmu27.jpgSebuah blog berbeda dengan website atau situs. Sebuah website atau situs biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan, organisasi, atau lembaga, dan cenderung berisi tentang hal-hal yang bersifat bisnis. Sedangkan blog dimiliki dan dikelola oleh perorangan alias milik pribadi. Dan isinya berupa posting-an tulisan yang disusun berdasarkan tanggal dari yang terbaru sampai yang paling lama. Sebuah blog yang baik, seharusnya memuat tulisan atau posting-an yang di-update (dipublikasi) secara teratur. Kelebihan blog dibanding website adalah sebuah blog biasanya memuat komentar dari para pengunjung blog mengenai tulisan yang ada di blog tersebut. Komentar dari pengunjung ini biasanya ada pada bagian akhir suatu tulisan.

Kelebihan yang lain bila seseorang memiliki blog adalah orang tersebut tidak perlu dipusingkan lagi
dengan masalah tampilan blog. Dia cukup mengurusi masalah isi atau tulisan dari blog-nya saja. Meski demikian, seseorang masih bisa mengubah tampilan dari blog yang diberikan oleh penyedia layanan blog. Sehingga blog yang dimilikinya mempunyai tampilan dan fitur-fitur yang berbeda dari standar yang diberikan oleh penyedia layanan blog. Dengan kemudahan yang diberikan tersebut, membuat siapa saja dapat memiliki dan mengelola sebuah blog. Bahkan bagi mereka yang sedikit atau bahkan tanpa latar belakang pendidikan TI.

Macam-Macam Blog

Berbagai macam dan jenis blog dapat dibedakan atas media yang digunakan, perangkat (device) yang dipakai untuk membuat blog, isi blog, dan sebagainya. Berikut jenis-jenis blog yang umumnya ada di Internet.
  1. Blog
    Umumnya blog berisi content dalam bentuk tulisan saja. Inilah yang dinamakan dengan blog
    pada umumnya.
  2. Photoblog
    Atau dikenal juga dengan fotolog, merupakan sebuah blog yang fokus isinya berupa foto.
  3. Podcast
    Podcast merupakan sebuah blog yang memuat file-file audio yang bisa di-download. Umumnya dalam bentuk MP3, sehingga dikenal juga dengan istilah MP3 blog.
  4. Vlog
    Vlog merupakan singkatan dari video blog. Blog jenis ini isinya berupa video.

Apa yang Didapat dari Nge-Blog?
Beberapa alasan kenapa banyak orang ingin mempunyai sebuah blog sendiri adalah:
  1. Keinginan untuk berbagi (sharing) ide dan ilmu. Terasa kurang berkah bila ilmu pengetahuan yang mereka miliki hanya disimpan sendiri. Sebagian orang menyukai untuk 'menularkan' ilmu yang dimilikinya ke orang lain. Ada rasa senang bila orang lain bisa atas jasa darinya.
  2. Untuk memperoleh pengakuan. Sebagian orang ingin menunjukkan bahwa dia memang ahli dalam suatu bidang.
  3. Blog mudah dibuat. Ini salah satu alasan kenapa orang menyukai blog. Beberapa penyedia blog bahkan mempermudah pendaftarnya untuk mempunyai blog dengan hanya tiga langkah mudah. Bahkan untuk seorang yang tidak pernah membuat website dan tidak mengerti pemrograman web sekalipun.
  4. Blog lebih mudah dikelola ketimbang sebuah website. Alasan ini juga menyebabkan orang lebih memilih blog. Dengan blog dia hanya perlu mengurusi masalah isi blog-nya saja. Setiap kali dia mem-posting, dia bisa menggunakan fitur dari penyedia layanan blog. Sehingga urusan mem-posting do-kumen menjadi lebih mudah.
  5. Mempromosikan diri. Jika Anda mempunyai sebuah karya, baik dalam bentuk tulisan atau yang lain, maka merupakan ide yang baik bila Anda mempromosikan karya tersebut ke dalam sebuah blog. Dengan harapan banyak orang yang melihat dan memperhatikan
    karya yang Anda buat. Hal ini penting agar karya Anda dapat diketahui oleh masyarakat luas.
  6. Mengetahui komentar dari masyarakat. Dalam sebuah blog, terdapat suatu fitur yang ber-
    nama comment. Dengan fitur ini, setiap pengun-jung blog dapat memberikan komentarnya terhadap suatu tulisan di dalam blog. Bahkan fitur comment inilah yang memberi nilai lebih suatu blog ketimbang website. Manfaat komentar yang Anda dapat adalah bila komentar tersebut berupa pujian atas posting-an yang Anda buat, diha-rapkan dapat memotivasi Anda untuk bekerja lebih giat lagi. Akan tetapi, jika komentar tersebut berupa kritikan, diharapkan dapat mendorong Anda untuk mengoreksi dan memperbaiki diri. Dengan banyaknya komentar dalam blog Anda, membuat blog yang Anda miliki terasa lebih 'hidup'.
  7. Sebagai buku harian online. Sebagian orang menggunakan blog sebagai media pengganti buku harian. Biasanya berisi penga-laman pribadi yang dijalaninya setiap hari. Ada juga blog yang memuat catatan perjalanan seorang wartawan. Mungkin kisah perjalanannya dirasa perlu untuk dicatat dan diketahui oleh orang banyak. Demikian sebagian alasan yang mendorong seseorang untuk mempunyai sebuah blog. Yang perlu diper-hatikan bila Anda mempunyai sesuatu yang ingin dikatakan atau ingin berbagi dengan orang lain, mengapa tidak membuat blog sekarang juga?
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Blog dengan judul Mengenal Blog. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2011/09/mengenal-blog.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

2 komentar untuk "Mengenal Blog"