Share the ideas and innovations to a friend of the world

Akses Internet Menggunakan Layanan WAP bag. 2

SIAPKAN HANDPHONE ANDA


Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa spesifikasi dari hanpdphone anda (dapat dilihat pada buku panduan penggunaan handphone), diantranya adalah :

Periksa versi WAP yang digunakan oleh hendphone anda (apakah itu versi 1.x maupun versi 2.0). Versi WAP yang digunakan oleh handphone anda sangat menentukan jenis situs yang dapat diakses,  WAP versi 1.x adalah teknologi WAP generasi pertama. WAP versi 1.x terdiri dari WAP 1.0, WAP 1.1, dan WAP 1.2. Jika handphone anda menggunakan salah satu dari WAP verso 1.x, maka jenis situs internet yang dapat diakses hanyalah situs yang dibangun menggunakan WML yang hanya mampu menampilkan konten berupa teks dan gambar monochrom (hitam putih).
WAP versi 2.0 adalah teknologi WAP versi terbaru. Jika handphone anda menggunakan WAP versi 2.0, maka jenis situs internet yang dapat diakses adalah situs yang dibangun menggunakan WML, XHTML MP bahkan HTML. Berbeda dengan situs WML, situs yang dibangun dengan XHTML MP sudah mampu menampilkan konten berupa teks disertai desain grafis berwarna (full colour).
Sedikit gambaran bagi anda bahwa WML (Wireless Markup Language) dan XHTML MP (eXtensible HyperText Markup Language Mobile Profilr) adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun situs internet agar dapat diakses oleh WAP. Contoh : situs internet yang dapat diakses menggunakan WAP seperti wap.detik.com, wap.telkomsel.com, dan sebagainya.

Periksa fitur dihandphone anda, apakah sudah memiliki micro browser?. Micro browser (mini browser) adalah aplikasi antar muka pada handphone yang digunakan untuk menampilkan situs internet. Jika dianologikan, micro browser sama dengan IE (Internet Explorer), Mozilla atau Opera pada komputer. Bedanya, micro browser didesain khusus untuk handphone yang memanfaatkan teknologi WAP.
Micro browser biasanya sudah ada pada handphone yang memiliki layanan WAP. Tetapi jika handphone anda tidak memiliki mcro browser, anda dapat menginstalnya sendiri. Beberapa micro browser gratis yang dapat dodownload dari internet, seperti "operamini" pada link berikut : http://www.operamini.com/download/pc/.

Cari tau WAP bearer yang digunakan oleh handphone anda. WAP bearer tersebut antara lain CSD, GPRS dan CDMA. Hal ini diperlukan untuk memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan dan aktivasi WAP.

Nb : Hampir semua hanphone keluaran terbaru saat ini sudah mendukung layanan WAP. Selain harus memenuhi tiga spesifikasi diatas, agar anda dapat merasanyaman ber-internet menggunakan WAP, pilihlah handphone yang memiliki layar cukup besar, serta screen light yang baik.

Semoga bermanfaat.



       
       
      Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wap dengan judul Akses Internet Menggunakan Layanan WAP bag. 2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2012/07/akses-internet-menggunakan-layanan-wap.html. Terima kasih!
      Ditulis oleh: Imran -

      Belum ada komentar untuk "Akses Internet Menggunakan Layanan WAP bag. 2"

      Post a Comment