Share the ideas and innovations to a friend of the world

Makalah Entrepeneurship-Riset Usaha Pulsa Elektrik


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Riset Usaha

Latar belakang kami melakukan riset usaha ini adalah bahwa kami ingin mengetahui kiat-kiat atau strategi usaha yang dilakukan oleh seorang wirausaha atau enterpreneur.
Dimana strategi usaha yang membuat usaha yang mereka tekuni menjadi maju dan dapat dijadikan sebagai sumber pundi-pundi rupiah.
Kami mengadakan riset usaha ini bukan berarti kami ingin mencari rahasia kenapa usaha ini bias maju.Tetapi kami ingin mencoba mencari referensi agar kami dapat menciptakan usaha sendiri dan akan mendapatkan kesuksesan di hari kedepannya.
Kenapa kami memilih riset ke usaha ini karena kami menganggap usaha ini pantas untuk dijadikan contoh bagi kami semua tentunya juga usaha ini pantas untuk mahasiswa seperti kita yg ingin berwirausaha dengan mudah tanpa harus mengorbankan banyak waktu.
Usaha yang sangat bagus dan menguntungkan tentunya. Dia melakukan promosi dengna cara membuat brosur, fish to fish kepada teman kampusnya,lewat jejaring social seperti facebook dan sebagainya.
Riset pasar akan membantu kita untuk menemukan yang dapat dimasuki dan menemukan pelanggan baru dalam pasar kita sekarang. Kita harusnya dapat mengetahui tentang kegagalan produk kita dan keberhasilan produk kita di masadepan.
Riset usaha menyediakan data dan informasi pasar yang akan kita gunakan suatu saat. Antara lain:
  •     Mengurangi resiko bisnis
  •     Mengenali persoalan dan problem yang ada di pasar kita sekarang
  •     Mengenali peluang pasar yang baru
  •     Memperoleh informasi dan fakta tentang pasar kita untuk membantu kita dalam membuat keputusan yang lebih baik dimasa yang akan datang.
Mungkin sekali kita sadar terlibat dalam riset pasar dalam manajemen rutin kita. Kita mungkin menanyakan kepada pelanggan lama kenapa dia tidak membeli di kita lagi. Atau membaca brosur pesaing kita. Apa yang menyebabkan pelanggan kita lari ke pesaing kita.
Riset pasar hanya membuat proses ini lebih teratur. Riset pasar hanya menyediakan suatu kerangka yang memungkinkan kita menilai arti informasi pasar-pasar kita.

   B.       TUJUAN RISET

Disamping untuk memenuhi tugas dari dosen,kami juga ingin mencari referensi bagaimana menjalankan sebuah usaha dan kemandirian dalam menjalankannya untuk pembelajaran kehidupan kami kedepannya. Kami juga berniat untuk mengintip sedikit strategi bisnis yang dikelola.
Sehingga apabila suatu saat kami terjun ke dalam dunia bisnis,kami dapat professional dan mempunyai strategi usaha yang bagus. Pada intinya,kami ingin sekali terjun ke dalam dunia bisnis.
Tujuan melakukan riset pasar pada dasarnya adalah untuk mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan. Riset pasar akan membantu kita untuk menemukan pasar baru yang dapat dimasuki pelanggan baru dan pasar baru dalam pasar kita.
Riset pasar akan membantu kita untuk menemukan yang dapat dimasuki dan menemukan pelanggan baru dalam pasar kita sekarang. Kita harusnya dapat mengetahui tentang kegagalan produk kita dan keberhasilan produk kita di masa depan.
Para wirausahawan selalu membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang pasar mereka. Tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Riset pasar dapat membuat keputusan lebih baik. Riset pasar dapat membantu kita untuk :
  •     Menemukan pasar yang menguntungkan
  •     Memilih produk yang dapat dijual
  •     Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
  •     Meningkatkan teknik-teknik pemasaran
  •     Merencanakan strategi-strategi yang statistik.

Riset pasar berusaha menilai pasar kita secara ilmiah. Riset pasar juga merupakan seni karena menyangkut sikap orang yang berubah-ubah. Dengan cara mengumpulkan data informasi secara teratur, kita akan lebih mengetahui lebih banyak dan lebih baik tentang pasar-pasar kita.

BAB II
PEMBAHASAN


A.  SEJARAH USAHA DAN PENDIRIAN USAHA

Usaha ini dirintis berawal dari keinginan untuk belajar menjadi wirausahawan dan dari teman-teman yang begitu banyak memakai handphone, oleh karena itu Ahmad Aqil Muyassar membuat AAM cell .Kata AAM cell itu sendiri berasal dari nama pemilik counter tersebut yaitu Ahmad Aqil Muyasar.

Awal berdirinya usaha ini pada tanggal 5 Mei 2010. Usaha ini memang belum lama berdiri tetapi Ahmad Aqil ini sudah memiliki 2 orang cabang channel. Yaitu Joni iskandar yang bertempat di Jl.Tarumajaya dan Dede Suhendra yang bertempat di Prmai Harapan. Usaha ini dirintis dengan modal hanya Rp. 100.000 saja yang didapatkannya dari hasil menabung.

Waktu itu dia mempromosikan usahanya dengan bicara kepada 1/1 teman-temanya. Dan semuanya juga mendukung tentunya dengan adanya usaha ini teman-temanya tidak perlu pergi mencari penjual pulsa, karena cuma tinggal menghubunginya saja.
Ternyata hasil yang dia dapat lumayan,sehingga dia berpikir seperti ini “Dari pada uang ini berhenti di tangan(tidak berputar)maka ada baiknya uang ini saya putarkan agar menjadi lebih berguna dan menjadi investasi saya”.
Kemudian dia berfikir untuk membuka counter pulsa juga di depan rumahnya, karena tidak adanya usaha sellular tersebut di tempat terdekat dari rumahnya, dia melihat peluang usaha yg bagus seperti ini, apalagi disekitar rumahnya banyak pengguna handphone dengan maksud pengguna sellular itu mungkin akan sangat membutuhkan pulsa tanpa harus repot-repot mencari penjual pulsa ketempal lain yg lebih jauh dari sini.
Ternyata hasilnya juga lumayan bagus, hari demi hari pelangan semakin banyak saja sampai saat sekarang ini, begitu juga pelanggan yg ada dikampusnya, semakin hari semakin banyak mahasiswa yang tahu bahwa dia juga berjualan usaha pulsa keliling.

 B.   STRUKTUR ORGANISASI

 Penjelasan grafik struktur organisasi di atas :

   AHMAD AQIL MUYASSAR sebagai pemilik Counter pulsa yang merupakan usaha sendiri (tidak ada orang yang menanamkan modal di distronya)
    Joni iskandar sebagai seorang channel yang bekerja pulsa keliling pada shift pagi dan Dede suhendra channel yang bekerja pada shift siang, Mereka berdua usaha sambil melakukan kegiatan dikampusnya.

 C.      PROFIL USAHA

Jenis Usaha  : ............................
Nama           : ..............................
Ttl                :.............................
Usia             : ............................

Mahasiswa/ pelajar di Universitas ............. (.......................)  ................  smester ....... fakultas .......................

Mahasiswa ini mempunyai 2 orang channel. Karyawannya bekerja selama 8 jam perhari.  Shift pertama dari pukul 09.00-14.00 Dan Shift kedua pada pukul 14.00-21.00.
Karyawannya dibayar dari hasil keuntungan dia menjual pulsa dengan 15% hasil penjualan, Usaha yang dirintisnya setahun silam yang lalu sudah menghasilkan omset Rp. 2.000.000,00 per bulannya. Hasil yang sungguh menakjubkan bukan?
Pengeluaran yang dikeluarkannya tiap bulan +- Rp. 500.000,00 rupiah saja. Itu untuk bayar gaji karyawan.
Ahmad Aqil mengambil channel pulsanya di langsung pusat grosir sellularnya, jadi tidak heran kalau harga pulsa disini agak menguntungkan. Karena mengambil langsund di pusat grosir.

Harga pulsa tersebut tergantung pada jumlahj nominal yg akan dibeli, contohnya :
Pulsa 1000 ---------- dijual dengan harga Rp. 2.000,00 > (modal awal Rp. 1.300,00)
Pulsa 5000 ---------- dijual dengan harga Rp 6.000,00 > (modal awal Rp. 5.100,00)
Pulsa 10000 --------- dijual dengan harga Rp. 11.000,00 > (modal awal Rp. 10.000,00)
Pulsa 25000 --------- dijual dengan harga Rp. 26.000,00 > (modal awal Rp. 24.800,00)
Pulsa 50000 --------- dijaul dengan harga Rp. 50.000,00 > (modal awal Rp. 48.500,00)
Pulsa 100000 -------- dijual dengan harga Rp. 99.000 > (modal awal Rp. 98.000,00)

Dst,..


Selain kami mewawancarai narsumber, kami juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan pemiliknya. Gambar Disamping adalah cuplikan foto kami waktu kemarin melakukan riset.

Selain itu, kami juga memfoto dagangan pulsa yang dijual oleh .............. Ini cuplikannya.

ANALISA DATA RISET

Karakteristik

Perusahaan dagang mempunyai karakter yang utama yaitu memperjual belikan barang dagang, barang dagang ini dapat berupa bahan baku dan barang jadi atau barang setenga jadi perusahaan dang dikenal dengan akun persediaan barang dan juga pembuatan laporan laba rugi,

Laporan laba rugi perusahaan disusun dengan membandingkan penjualan dan harga pokok penjualan bersih, Untuk menghitung laba bersih laba kotor di kurangkan dengan atministrasi dan beban umum serta beban penjualan.

Selain itu, terdapat macam-macam bentuk transaksi yang dapat dilakukan,diantarnaya :
  •     Pembelian barang dagang secara kredit
  •     Pembelian barang dagang secara tunai
  •     Retur pembelian dan pengurangan harga
  •     Potongan pembelian
  •     Beban akut pembelian
  •     Penjualan barang dagang secara kredit
  •     Penjualan barang dagang secara tunai
  •     Retur penjualan dan pengurangan harga
  •     Potongan penjualan

    Berdasarkan analisa kami, Apabila kita akan terjun di dunia bisnis,kita tidak hanya perlu modal. Ya kami akui modal itu sangat penting,tapi ada yang lebih penting lagi yaitu :
•    Peluang Usaha
Sebelum kita terjun ke dunia bisnis, kita harus dapat membaca peluang bisnis yang ada atau yang sedang trend(booming) di pasar. Kita harus pandai-pandai membaca peluang bisnis yang ada,
•    Minat yang kuat
Minat atau semangat yang tinggipun perlu. Karna itu untuk menunjang semangat dalam diri kita. Jangan kita berwirausaha hanya karena dituntut oleh orang lain. Itu berdampak kurang baik. Kami yakin itu.
•    Tempat yang strategis
Apabila kita mau membuka usaha,katakanlah usaha DISTRO. Kita harus mencari tempat yang strategis. Tempat dimana mudah orang dalam mengunjungi toko kita.
•    Mencari kulakan yang harganya miring dari orang lain.
Dalam hal ini, ini merupakan rahasia perusahaan. Jadi tidak boleh dibeberkan pada siapapun, Meskipun pelanggan yang memintanya.
•    Mencari pelanggan
Media promosi harus dilakukan oleh kita. Banyak cara yang bias kita lakukan. Contohnya kita membuat brosur dan kita sebarkan ke teman-teman kita, Fish to fish, Lewat web, Lewat facebook,atau lewat jejaring social lainnya.
Ini sangat menunjang kemajuan usaha kita.
  Bersikap ramah pada setiap pelanggan yang datang di toko kita. Selalu mengikuti trend mode sekarang yang sedang booming di pasar.
    Para wirausahawan selalu membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang pasar mereka. Tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Riset pasar dapat membuat keputusan pemasaran yang lebih baik. Riset pasar dapat membantu anda untuk :

•    Menemukan pasar yang menguntungkan
•    Memilih produk yang dapat dijual
•    Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
•    Meningkatkan teknik-teknik pemasaran
•    Merencanakan sasaran-sasaran yang realistik


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


 Kesimpulan

    Kami mengambil kesimpulan bahwa menjalankan usaha dengan modal yang sangat rendah juga bisa sangat menguntungkan apalgi bagi pemula seperti kita yang mau menjalan usaha tanpa harus mengorbaankan banyak waktu dengan melihat peluang usaha tanpa harus melihat usaha yang kita jalankan, dan usaha yg sukses dikemudian hari itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. Butuh usaha dan pengorbanan. Tanggung jawabnya sungguh besar. Di otak hanya ada urusan berfikir-berfikir dan berfikir. Tetapi kami tertarik untuk melakukan wirausaha. Sangat tertarik sekali.

Saran

    Untuk counter Ahmad aqil, kami memberikan saran seperti ini. Agar usaha ini semakin dikenal di dunia luar, beranilah untuk mempromosikan usahanya kemasyarakat luas. Perkenalkanlah usaha anda kepada public. Mungkin hasilnya akan lebih memuaskan dari sekarang. Secara keseluruhan, tata cara penataan produk sudah bagus. Tapi kurang menarik karna tidak adanya brosur iklan usahanya, Tapi over all sudah menarik.

DAFTAR PUSTAKA

   
Ahmad Aqil muyassar, Pemilik counter selluler,Universitas IPB Bogor,2011
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah dengan judul Makalah Entrepeneurship-Riset Usaha Pulsa Elektrik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2012/09/makalah-entrepeneurship-riset-usaha.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

4 komentar untuk "Makalah Entrepeneurship-Riset Usaha Pulsa Elektrik"

  1. Bagus Gan Artikelnya.........

    Boz Aq Udah Follow Blog Kamu

    Follow Balik Yah Blog Saya
    Xtreme Blog | Free Software

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks yah dah follow gan. ane udah follow di blog gan..

      Delete
  2. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi sob. boleh lagi berkunjug. semoga artikel ini bisa bermanfaat....

      Delete