Share the ideas and innovations to a friend of the world

Pengertian E-Bussines

E-Business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi.
Keuntungan yang ditawarkan oleh e-Business:
1.    Efficiency   
2.    Effectiveness
3.    Reach        
4.    Structure    
5.    Opportunity  

Contoh perusahaan Rumah Makan Sederhana
Degan latar belakang Saat ini dunia perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama E-Commerece dan E-Business
Pemanfaatan TI dan e-business bukan menjadi subyek, tetapi suatu media bantu (enabler) yang seperti halnya hasil olah budidaya manusia bertujuan untuk memberikan peningkatan perbaikan taraf hidup manusia. Tanpa adanya jaminan hasil akhir tersebut, keberadaan dan penerapan e-business tidak akan mendapat sambutan dan tidak memberi dorongan penggunaannya. Pengkayaan akan aktivitas para pelaku usaha sebagai subyek tanpa harus memaksakan akan menjadi kata kunci. Bila dikaji, basis e-business dan Internet adalah pengolahan informasi yang lebih terkelola. Proses akulturasi dilakukan melalui perubahan kebiasaan sikap produktif secara gradual, namun “berakar” kokoh. Dengan melihat berbagai sinyal perubahan yang telah terjadi baik dari segi masyarakat maupun dari bisnis itu sendiri, dan menimbang pentingnya dukungan infrastruktur teknologi dan komunikasi maka disinilah ide bisnis hadir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan meleburkan berbagai elemen penting bisnis, sumber daya manusia, partner bisnis dan nilai pelanggan menjadi satu dan memadukannya dengan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam ide bisnis. Studi kasus dalam makalah ini saya ambil jenis bisnis yang menerapkan e-business dimana masih jarang dilakukan oleh pelaku bisnis lain yaitu bisnis rumah makan.

PROSPEK DAN PENERAPAN E-BUSINESS DI INDONESIA

Prospek E-Business
Konsep e-business berkembang karena kemajuan teknologi informasi dan e-business ini dianggap sebagai paradigma baru sebagai kunci sukses perusahaan di era informasi dan masa datang. Melalui berbagai kajian terhadap perkembangan e-business paling tidak terdapat  10 prospek e-business di Indonesia yaitu :
1.    E-business Type
Perkembangan pemakaian alat-alat elektronik dan digital sebagai medium komunikasi dan relasi bisnis jauh lebih cepat dibanding dengan cara transaksi jual beli.
2.    Community
Lebih mudah menciptakan kebutuhan (demand creation) kepada generasi muda dibanding dengan mengubah pola hidup generasi tua
3.    Content
Adanya internet yang paling banyak memperoleh keuntungan adalah perusahaan bukan end user.
4.    Technology Device
Teknologi berbasis PC akan bergeser ke teknologi digital ditambah microprosessor seperti PDA
5.    Access Channels
Berkembangnya teknologi informasi semacan internet dan website menawarkanperusahaan yang berminat mengimplementasikan kanal akses tersebut
6.    Regulation
E-business berkaitan erat dengan aktifitas pencarian laba finansial maka pemerintah akan mengikuti negara-negara maju dalam menerapkan regulasi e-business yang kondusif.
7.    Organization
Faktor budaya, pendidikan, sosial dan perilaku dalam organisasi memegang peranan penting dalam menentukan sukses tidaknya sosialisasi penggunaan teknologi informasi
8.    Change Strategy
Perusahaan di negara berkembang lebih memilih metode evolusi dibanding revolusi dalam mengimplementasikan e-busines
9.    Business Process
Perusahaan yang sukses diraih oleh perusahaan yang mampu mengawinkan konsep tradisional physical value chain dengan virtual value chain.
10.System Approach
e-business baru dapat berkembang jika komponen lain dalam lingkungan sistem e-business turut tumbuh dan berkembang secara serentak.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu / Internet dengan judul Pengertian E-Bussines. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmu27.blogspot.com/2012/09/pengertian-e-bussines.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Imran -

2 komentar untuk "Pengertian E-Bussines"

  1. berbisnis bisa dengan berbagai cara...yang penting bisa menghasilkan keuntungan dan juga memudahkan...salah satunya e-business ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, bisnis dengan memanfaatkan internet bisa memudahkan konsumen untuk bertransaksi :)

      Delete